Sabtu, 17 April 2010

Tips Merawat Komputer

Sekarang komputer telah menjadi bagian hidup kita, terutama untuk para gamer. berjam jam telah di habiskan di depan komputer, dalam waktu sedemikian lama itu anda pasti lupa 1 hal. yaitu merawat komputer anda secara berkala. oleh karena itu saya kasih cara merawat komputer yang baik :

1.
Bersihkan bagian dalam CPU secara berkala. dalam pembersihan cpu gunakan lah sikat/atau kuas yang halus. dalam pembersihan hal yang paling peting yaitu membersihkan bagian kipas dan ventilasi udara.

2.
Buang lah program-program yang tidak penting dalam komputer anda. jika hardisk anda penuh, maka komputer anda akan semakin berat. lama-lama kipas dalam komputer anda berhenti berputar.

3.
Berilah ventilasi udara pada bagian CPU. jangan meletakan CPU terlalu dekat dengan tembok/atau benda apapun yang menghalangi ventilasi udara CPU. agar ventilasi udara lebih bebas lagi buka casing CPU, tapi itu akan menyebabkan banyak debu masuk ke dalam CPU anda. Jadi beli lah alat pendingin seperti Kipas angin/Air conditioner (AC).

4.
Instal lah program-program yang menurut anda penting. misal nya anti virus. dan update lah anti virus ini sesuai waktu nya.

5.
Defrag lah hardisk secara berkala. Ini akan membuat file file yang ada di komputer anda tersusun kembali.

6.
Aktifkan Screen saver. Screen saver ini sangat lah berguna sekali. di dalam monitor terdapat sebuah fosfor yang dapat mengganti warna warna di dalam monitor. jika monitor tidak berganti warna, maka fosfor yang di gunakan hanya itu itu saja. jika seperti ini terus maka monitor anda akan menjadi redup. Tapi jika anda memiliki monitur berlayar LCD/LED screen saver tidak terlalu penting dikarenakan LCD telah dirancang untuk menghemat energi (Energy Saver).

7.
Jangan meletakan speaker aktif/hand phone di sebelah monitor anda. Karena speaker/sinyal hand phone anda mempunyai medan magnet yang dapat merusak layar monitor anda.

8.
Tutup program yang anda rasa tidak penting. jika anda membuka program terlalu banyak maka memory yang terambil pun banyak. cara melihat program dan memory program yang anda jalan kan tinggal pencet CTRL + ALT + DELETE --> liat bagian process dan pada bagian tersebut ada nama program yang di jalan kan dan ada juga memory yang terambil.
jika komputer kalian ingin tetap menjalankan banyak program, tambahkan lah RAM yang cukup. Jika tidak komputer anda akan berumur pendek.

9.
Jangan pakai komputer terus menerus, karena komputer akan panas. jika anda memakainya terus menerus maka kipas anda akan berhenti bekerja dan jika itu terjadi ada kemungkin komputer anda akan konslet dan terjadi kebakaran kecil yang menyebabkan motherboard anda rusak. Jika hal itu tidak ingin terjadi, Matikan lah komputer selama 30 menit setiap 3-4 jam sekali.

Hanya segini yang dapat saya berikan. Semoga ini dapat berguna untuk para gamer :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

GoDzz Blog Games © 2008 . Design By: SkinCorner